OpenGL
(Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang
mendefinisikan sebuah cross-bahasa,
cross-platform API
untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D
dan 3D
grafis. OpenGL didalam
Komputer Grafik digunakan untuk mempermudah pekerjaan atau untuk
keperluan - keperluan pemrograman grafis. OpenGL merupakan library
grafis standard dan sama seperti DirectX. Tidak hanya itu, OpenGL ini
free atau gratis, karena berbasis open.
OpenGL
merupakan library yang bersifat Open Source, multi-platform dan
multi-language dan merupakan API (Application Pipeline) tingkat
rendah. Semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL ini. OpenGL ini
juga dapat beroperasi di dalam lingkungan windows, Unix, SGI, Linux,
frreBSD, dan lain sebagainya.
OpenGL
architecture :
1.
OpenGL berfungsi sebagai mesin
2.
OpenGL berfungsi sebagai aliran data
GLUT
Saat
ini, banyak dikembangkan pustaka baru yang tidak tersedia dalam
OpenGL sendiri, misalnya GLUT. GLUT atau OpenGL Utility Toolkit
adalah pustaka utilitas untuk program berbasis OpenGL yang melakukan
I/O dengan sistem operasi. GLUT menyediakan fungsi untuk
mendefinisikan jendela, kontrol jendela, dan masukan dari
keyboard/mouse. GLUT juga menyediakan fungsi otomatis untuk
menggambar berbagai objek yang kompleks.
---------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------
Tugas Komgraf - membuat gambar menggunakan OpenGL :
#include <GL/glut.h>
void display()
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_POLYGON);
glClearColor(1.0,5.0,7.0,1.0);
glColor3f(11.0,2.0,-8.0);
glVertex3f(-3.0 , -4.0 , 0.0);
glClearColor(1.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(22.0,-3.0,0.0);
glVertex3f(3.0 , -4.0 , 0.0);
glClearColor(1.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(33.0,0.0,0.0);
glVertex3f(5.0 , 1.0 , 0.0);
glClearColor(1.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(-1.0,0.0,12.0);
glVertex3f(0.0 , 5.0 , 0.0);
glClearColor(1.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(-1.0,31.0,0.0);
glVertex3f(-5.0 , 1.0 , 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
void myinit()
{
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluOrtho2D(-10.0,10.0,-10.0,10.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}
int main(int argc, char*
argv[])
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(50,50);
glutCreateWindow("PROGRAMNYA
FERX UGAL - UGALAN LIKERS");
glutDisplayFunc(display);
myinit();
glutMainLoop();
return 0;
}
Hasil Printscreen Program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar