Rabu, 28 September 2011

Komgraf Pertemuan ke-1

 Komputer grafik merupakan proses untuk membuat gambar suatu obyek – obyek tertentu ataupun latar belakang dari gambar tersebut. Dalam menciptakan suatu gambar, diperlukan mode - mode tertentu didalamnya, yaitu mode grafik dan mode teks.

Dalam menggunakan mode grafik, terdapat jenis - jenis gambar yang dihasilkan, yaitu gambar vektor dan gambar raster.

1. Gambar Vektor
Gambar Vektor merupakan gambar yang dibuat dengan berdasarkan pada aljabar linear dan perhitungan atau formula matematika. Gambar yang dihasilkan tersebut memiliki karakteristik tidak terpengaruh oleh effect stretch, yang memiliki arti tidak mengalami penurunan kualitas (distorsi) saat gambar diperbesar, diperlebar, ataupun dipersempit. Akan tetapi, gambar tersebut tetap memiliki kualitas seperti aslinya.
 
2. Gambar Raster
Gambar Raster merupakan gambar yang dihasilkan dan diperlakukan sebagai array (raster) dari elemen gambar (pixer) dalam frame buffer. Bentuk dari suatu gambar raster berupa kumpulan titik - titik  atau pixel yang menyerupai bentuk kurva dan jika dibesarkan maka titik atau pixel tersebut juga akan ikut membesar. Dan pixel merupakan suatu dot atau picture elemen dari raster.
 
 Gambar Raster                                                        Dot
Kegunaan dari Komputer Grafik :
1. Movie Industry : digunakan dalam pembuatan film dengan mengandalkan animasi yang realistik (mendekati keaslian).
2. Game Developer : komputer grafik digunakan dalam pembuatan game.
3. Medical : digunakan dalam ilmu kedokteran, misalnya : mendeteksi jenis kelamin bayi dengan sinar x (rongten).
4. Science : digunakan dalam karya ilmiah.
5. Engineering Developer : digunakan dalam membuat program.

Aplikasi – Aplikasi pendukung Komputer Grafik :
1. Simulators (Flight Driving)
2. Mechanical CAD (Computer Adied Design)
3. Architectural Visualization
4. Advertising
5. Computer Games
6. Special Effects
· Dapat digunakan dalam pembuatan film
· Dapat meringankan dalam hal pembiayaan
7. Computer Art
8. Scientcific Visualizations
9. Medical Imaging

Contoh nyata penggunaan computer grafik :

Kinect adalah suatu titik pada gambar yang digunaka sebagai kontrol untuk menggerakkan animasi / model pada game konsol X-box tanpa mengguakan suatu alat apapun, sehingga hanya dengan kita registrasi dengan model lalu setelah terjadi kecocokan apapun gerakan lita, maka akan ditirukan oleh model pada game tersebut
 
Kinect menggunakan sensor kedalaman inframerah, jadi tidak menekankan focus pada pencitraan. Tidak hanya itu, interfacenya menggunakan USB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar