Komputer
grafik merupakan proses untuk membuat gambar suatu obyek – obyek tertentu
ataupun latar belakang dari gambar tersebut. Dalam menciptakan suatu gambar,
diperlukan mode - mode tertentu didalamnya, yaitu mode grafik dan mode teks.
Dalam
menggunakan mode grafik, terdapat jenis - jenis gambar yang dihasilkan, yaitu
gambar vektor dan gambar raster.
1. Gambar
Vektor
Gambar
Vektor merupakan gambar yang dibuat dengan berdasarkan pada aljabar linear dan
perhitungan atau formula matematika. Gambar yang dihasilkan tersebut memiliki
karakteristik tidak terpengaruh oleh effect stretch, yang memiliki arti tidak
mengalami penurunan kualitas (distorsi) saat gambar diperbesar, diperlebar,
ataupun dipersempit. Akan tetapi, gambar tersebut tetap memiliki kualitas
seperti aslinya.
2. Gambar
Raster
Gambar
Raster merupakan gambar yang dihasilkan dan diperlakukan sebagai array (raster)
dari elemen gambar (pixer) dalam frame buffer. Bentuk dari suatu gambar raster
berupa kumpulan titik - titik atau pixel
yang menyerupai bentuk kurva dan jika dibesarkan maka titik atau pixel tersebut
juga akan ikut membesar. Dan pixel merupakan suatu dot atau picture elemen dari
raster.
Gambar Raster Dot
Kegunaan
dari Komputer Grafik :
1. Movie Industry : digunakan dalam pembuatan film dengan mengandalkan
animasi yang realistik (mendekati keaslian).
2. Game Developer : komputer grafik digunakan dalam pembuatan game.
3. Medical : digunakan dalam ilmu kedokteran, misalnya : mendeteksi jenis
kelamin bayi dengan sinar x (rongten).
4. Science : digunakan dalam karya ilmiah.
5. Engineering Developer : digunakan dalam membuat program.
Aplikasi – Aplikasi pendukung Komputer Grafik :
1. Simulators (Flight Driving)
2. Mechanical CAD (Computer Adied Design)
3. Architectural Visualization
4. Advertising
5. Computer Games
6. Special Effects
· Dapat digunakan dalam pembuatan film
· Dapat meringankan dalam hal pembiayaan
7. Computer Art
8. Scientcific Visualizations
9. Medical Imaging
Contoh
nyata penggunaan computer grafik :
Kinect adalah suatu titik pada gambar yang digunaka sebagai kontrol untuk menggerakkan animasi / model pada game konsol X-box tanpa mengguakan suatu alat apapun, sehingga hanya dengan kita registrasi dengan model lalu setelah terjadi kecocokan apapun gerakan lita, maka akan ditirukan oleh model pada game tersebut
Kinect
menggunakan sensor kedalaman inframerah, jadi tidak menekankan focus pada
pencitraan. Tidak hanya itu, interfacenya menggunakan USB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar