Kamis, 13 Oktober 2011

Komgraf Pertemuan ke-3 - GRAPH

(Rangkuman materi kuliah KOMGRAF Kelas B hari Jum'at yang diganti pada tanggal 10 Oktober 2011 diruang A102


Dalam pertemuan kali ini Graph terdapat dua teori, yaitu Vertex dan Edge. Mode Vertex merupakan menggambar dengan mengandalkan atau menggunakan sudut dengan titik bantu disetiap gambar. Sedangkan, Mode Edge menggunakan sisi, dimana berfungsi untuk menghubungkan vertex satu dengan vertex lainnya.

Didalam menggunakan OpenGL, sebuah program harus mempunyai "main procedure". Dan dibawah ini sebagian dari coding - coding penting dalam menentukan posisi dan fungsi - fungsi didalam OpenGL :
  • glutInit : memungkinkan aplikasi untuk mendapatkan argumen baris perintah dan menginisialisasi sistem
  • gluInitDisplayMode : permintaan properti untuk jendela (konteks render)
  • glutWindowSize : menentukan ukuran jendela program
  • glutWindowPosition : menentukan posisi jendela, dari atas pojok kiri layar
  • glutCreateWindow : membuat jendela dengan judul "sederhana"
  • glutDisplayFunc : menampilkan callback
  • glutMainLoop : memasukkan pengulangan yang tak terbatas 
Tidak hanya itu, didalam sebuah gambar yang dibuat menggunakan OpenGL, juga terdapat coding - coding tertentu untuk membuat bentuk, seperti :
  • gl_point : untuk membuat titik
  • gl_line : membuat gambar garis
  • gl_circle : untuk membuat gambar lingkaran
  • gl_polygon : untuk membuat gambar yang menyerupai bangun ruang (seperti : kotak, trapesium, segitiga, dll)
  • gl_curve : untuk membuat kurva
  • gl_surface : membuat permukaan
Didalam array vertex, terdapat banyak atribut - atribut untuk membuat gambar, yaitu atribut posisi, warna, tekstur Koordinat, dan aplikasi Data. Contoh untuk menentukan warna dari gambar menggunakan coding "glcolor" yang berfungsi untuk mengatur warna apa yang akan dipakai untuk gambar yang dubuat tersebut, kemudian "glvertex", yang berfungsi untuk menetukan titik koordinat gambar yang akan dibuat, dimana titik - titik tersebut dapat menyatukan garis dari satu titik ke titik lain untuk membuat gambar garis, bangun ruang dan sebaginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar