(Rangkuman materi kuliah KOMGRAF Kelas B hari Jum'at yang diganti pada tanggal 10 Oktober 2011 diruang A102)
Dalam pertemuan kali ini Graph terdapat dua teori, yaitu Vertex dan Edge. Mode Vertex merupakan menggambar dengan mengandalkan atau menggunakan sudut dengan titik bantu disetiap gambar. Sedangkan, Mode Edge menggunakan sisi, dimana berfungsi untuk menghubungkan vertex satu dengan vertex lainnya.
Didalam menggunakan OpenGL, sebuah program harus mempunyai "main procedure". Dan dibawah ini sebagian dari coding - coding penting dalam menentukan posisi dan fungsi - fungsi didalam OpenGL :
- glutInit : memungkinkan aplikasi untuk mendapatkan argumen baris perintah dan menginisialisasi sistem
- gluInitDisplayMode : permintaan properti untuk jendela (konteks render)
- glutWindowSize : menentukan ukuran jendela program
- glutWindowPosition : menentukan posisi jendela, dari atas pojok kiri layar
- glutCreateWindow : membuat jendela dengan judul "sederhana"
- glutDisplayFunc : menampilkan callback
- glutMainLoop : memasukkan pengulangan yang tak terbatas
Tidak hanya itu, didalam sebuah gambar yang dibuat menggunakan OpenGL, juga terdapat coding - coding tertentu untuk membuat bentuk, seperti :
- gl_point : untuk membuat titik
- gl_line : membuat gambar garis
- gl_circle : untuk membuat gambar lingkaran
- gl_polygon : untuk membuat gambar yang menyerupai bangun ruang (seperti : kotak, trapesium, segitiga, dll)
- gl_curve : untuk membuat kurva
- gl_surface : membuat permukaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar