Selasa, 04 Januari 2011

Prinsip uGal uGalan Yang Baik (by : ferX)

Dalam setiap kali aku melakukan perjalanan yang sekiranya jauh, aku selalu melakukan race sendiri dengan tolak ukur waktu. Aku selalu  mencatat hasil dari raceku itu. Perjalanan yang kulakukan pun memiliki tujuan yang berbeda - beda. Dengan motor yang kupercayai, aku tidak pernah menyesali apa yang telah dilakukan oleh partner setiaku itu. Meski terkadang sering mogok, kehabisan mesin, bahkan sempat terjadi kecelakaan.Dan setiap melakukan perjalanan pun, aku juga tak ingin menjadi urutan nomor dua. Aku ingin mendahului yang ada dihadapanku. Dari pembahasan tersebut dapat kusimpulkan bahwa itu merupakan sebagian dari Prinsip Ugal - Ugalanku.


Aku dan Partnerku


Dalam berkendara kita harus memiliki prinsip - prinsip untuk berugal - ugalan di jalanan kota dengan baik. Berugal - ugalan yang baik menurut pengalamaku antara lain:

1.Skill
Skill merupakan kemampuan yang dimiliki orang. Dalam berkendara kendaraan bermotor, hal ini wajib dimiliki oleh setiap orang. Karena skill adalah hal utama yang bisa membuat orang bisa atau tidaknya dalam mengendarai motor. Dalam hal berugal - ugalan, skill sangat dibutuhkan.Seperti : lihai dalam measukkan dan menurunkan perseneleng/gear, dapat merasakan aura kendaraan dari belakang dengan cukup melihat sepintas dari kaca spion, melakukan belokan dengan kecepatan sesuai, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan skill.

2.Keberanian
Keberanian dalam berkendara merupakan hal yang berhubungan dengan Skill. Dengan keberanian kita bisa menyalip kendaraan didepan kita meskipun jalanan kota sangat ramai dan penuh kemacetan. Tapi jangan sampai egois karena tidak bisa menyalip, itu bisa membuat frustasi dan menimbulkan kecelakaan. Salah satu yang patut diterapkan dalam prinsip inii adalah "TIDAK TAKUT AKAN KEMATIAN"

3.Mata Elang
Meliliki penglihatan yang jeli dalam berkendara juga sangat penting. Teruyama dalam hal menentukan lebar untuk menyalip kendaraan didepan, kemudian untuk mengetahui karakteristik kendaraan yang ada didepan (seperti : kendaraan melakukan pengereman, membelok, dll.), serta menentukan arah yang akan kita beloki dengan laju motor yang sesuai.

4.Kecepatan
Hal ini merupakan hal utama dalam menyalip kendaraan bermotor. Tanpa kecepatan kita takkan bisa menyalip. Tapi seringkali saya tidak menggunakan prinsip ini dalam berkendara, karena saya sendiri menggunakan mocin yang tak bisa berjalan dengan kecepatan maximum, hanya sampai 80km/jam. Meski begitu, aku sangat mempercayainya.

5.Kesehatan
Disini kesehatan mencakup kondisi badan kita. Diharapkan  saat berugal - ugalan anggota tubuh yang harus siap maksimal adalah tangan, punggung, belikat, mata, kepala, dan kaki. Hal ini mencakup kekuatan fisik dalam berkendara.

6.Melanggar sedikit aturan Lalin
Dalam berkendara ugal - ugalan kita mungkin melakukan hal yang disebut mengebut. Mengebut dala aturan lalu lintas itu dilarang karena dapat menimbulkan kecelakaan. Dan biasanya orang yang sudah memiliki kebiasaan berugal - ugalan, sering melanggar lampu merah.

7.Santai
Saat berugal - ugalan kita pun dalam berkendara tentunya pasti mengebut dan akan mengalami hal yang mendekati dengan kecelakaan. Jika memiliki pikiran yang santai hal - hal yang membebani kecelakaan pun akan hilang.

8.Kondisi Motor
Motor yang dipakai dala ugal - ugalan wajib memiliki motor ddenga kecepatan yang maksimum, aliran bensin mesin lancar,  suspensi yang seimbang, akselerasi seimbang, kondisi ban anti selip di jalan, oli yang baik, dan hal - hal penting lainnya.

9.Kondisi Jalan
Jalan yang dipakai rata dan beraspal. Jalan rusak yang dipakai untuk berugal - ugalan dapat menimbulkan kecelakaan. Tidak hanya itu, jalan yang basah krarean hujan lebat, berpasir, dan terdapat sesuatu yang mencelakakan, jangan dipaksa untuk berugal - ugalan. alam pengereman ban kalah dan motor pun tidak berhenti atau motor pun akan oleng karena ban tak mampu berjalan dengan baik.

10.Rival
Rival yang akan menjadi musuh dijalanan adalah orang yang mengugal - ugali kita. Biasanya saya sendiri akan membalap dan menunjukkan padanya bahwa partner mocinku bisa mengatasinya. Karena rata - rata yang berugal ugalan adalah orang yang punya motor buatan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar